RAPAT PARIPURNA DPRD KABUPATEN ASAHAN DALAM ACARA PERINGATAN HARI JADI KE-78 KABUPATEN ASAHAN TAHUN 2024

Kisaran -  DPRD Kabupaten Asahan menggelar Rapat Paripurna dalam acara Peringatan Hari Jadi ke-78 Kabupaten Asahan Tahun 2024 di Aula Rambate Rata Raya, DPRD Kabupaten Asahan pada Jum'at (15/3/2024).

Sidang Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap, SH, MH tersebut tampak dihadiri oleh Bupati Asahan, Dandim 0208/Asahan, Danlanal TBA, Kapolres Asahan, Kajari Asahan, Ketua PN Kisaran, mewakili Danyon 126/KC, Anggota DPRD Kabupaten Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Para Asisten, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan, Ketua FKUB Kabupaten Asahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, OKP dan tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Kabupaten Asahan dalam pidatonya menyampaikan bahwa momentum peringatan hari jadi Kabupaten Asahan yang mengangkat tema, “SINERGI DALAM LANGKAH MENUJU ASAHAN SEJAHTERA YANG RELIGIUS DAN BERKARAKTER”, harus menjadi daya dorong atau motivasi bagi seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan (stake holder) pembangunan di daerah ini untuk berpacu membangun dengan bekerja cepat, lebih cerdas dan giat sehingga terjadi percepatan dalam berbagai sektor pembangunan untuk terwujudnya masyarakat asahan sejahtera yang religius, dan berkarakter.

Pada tahun 2023 sampai dengan awal tahun 2024 ini Kabupaten Asahan telah melaksanakan beberapa kegiatan yang merupakan agenda daerah dan nasional yakni Pemilihan Kepala Desa serentak yang telah dilalui dengan sukses tanpa ada hambatan yang berarti dan Pemilu Raya pada tanggal 14 februari 2024 yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten dengan lancar tanpa ada hambatan. 

Ketua DPRD Asahan menambahkan bahwa mulai pertengahan tahun 2024 ini, masih akan dilaksanakan agenda besar lainnya yaitu tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan dan saat ini proses penyusunan RPJPD 2025-2045 masih dalam tahap rancangan awal.
"Mengingat RPJPD merupakan dokumen pembangunan yang sangat penting dalam menentukan arah kabupaten asahan selama 20 tahun kedepan, kami berharap kepada pemerintah kabupaten asahan agar dapat menyusun rpjpd sebaik mungkin dan kami berharap kepada seluruh komponen masyarakat dan stake holder terkait dapat memberikan masukan dari berbagai aspek atau bidang pembangunan agar arah kebijakan pembangunan di kabupaten asahan tahun 2025-2045 selaras dengan arah kebijakan pembangunan baik provinsi maupun nasional yang dapat menjawab permasalahan serta isu-isu strategis pembangunan kedepan" tegasnya.

Rapat dilanjutkan dengan penyampaian sejarah singkat Kabupaten Asahan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si.

Bupati Asahan H. Surya, BSc dalam pidatonya mengatakan, rentang sejarah selama 78 tahun ini merupakan perjalanan panjang Kabupaten Asahan untuk terus tetap eksis dalam menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang efektif, inovatif, profesional dan akuntabel. Penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan yang kita laksanakan dari masa ke masa terus mengalami perkembangan.

“Berbagai sarana dan prasarana terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Semua itu dapat kita laksanakan apabila ditopang dengan dukungan sumber daya, keterampilan dan integritas para pengelolanya. Perlu menjadi perhatian kita bahwa kestabilan kondisi politik, ekonomi dan stabilitas kamtibmas yang kondusif juga merupakan faktor lain yang tidak kalah pentingnya”, ujarnya.

Selanjutnya Bupati, mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setingitingginya kepada KPU, Bawaslu, TNI, Polri dan seluruh stakeholder atas terlaksananya Pemilihan Umum (Pemilu) yang kondusif aman dan damai di Kabupaten Asahan. “Kami berharap dengan tekad, semangat kekeluargaan dan kebersamaan kita kembali merapatkan barisan, bersatu dan bersinergi untuk dapat mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

 “Melalui Sidang Paripurna ini kami mengajak kita semua bahwa dengan semangat Hari Jadi ke-78 Kabupaten Asahan kita tingkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, dengan meningkatkan pelayanan publik dan bersama-sama membangub Kabupaten Asahan ini. Atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan, kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan 1445 H, semoga Allah SWT senantiasi melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua”, tutup Bupati.

Sebelum menutup rapat, Ketua DPRD mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh umat muslim di kabupaten asahan.

"Momentum peringatan hari jadi ke-78 Kabupaten Asahan ini kembali kami mengajak kita semua untuk lebih meningkatkan sinergi dan kerjasama, rasa cinta serta semangat kebersamaan dalam memberikan yang terbaik bagi asahan yang kita cintai ini. Mari kita jaga kondusifitas daerah selama bulan ramadhan ini dengan mengedepankan sikap saling menghormati dan toleransi antar umat beragama. Mari kita pertahankan pencapaian-pencapaian yang telah kita peroleh selama ini dan terus bersinergi dalam menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan pembangunan yang semakin kompleks."

HARI JUMAT KE KOTA KISARAN
MASJID AGUNG JADI TUJUAN
UCAPAN SELAMAT BUAT KABUPATEN ASAHAN
DI HARI JADI YG KETUJUH PULUH DELAPAN

JIKA INGIN MEMBELAH KAYU
AMBIL GERGAJI YG SUDAH DI ASAH
JIKA INGIN ASAHAN TERUS MAJU
HARUS SINERGI DALAM MELANGKAH

ANAK DARA PERGI TADARUS
MATI LAMPU MEMAKAI SENTER
MENUJU ASAHAN SEJAHTRA YG RELIGIUS
SERTA MASYARAKAT YG BERKARAKTER

Editor : Administrator
Administrator

Related Posts